Pengantar Pendidikan

I Pseudo-education dalam sehari-hari

  1. Memahami dimensi manusia dan potensinya

  2. Gejala-gejala pendidikan dari berbagai segi kehdupan

  3. Pendidikan dan pengembangan jatidiri manusia

  4. Manusia; Zoon Politican dan Homo educable

  5. Outcome Pendidikan;Insan paripurna

  1. Pendidikan dalam sebuah sistem keilmuan

  1. Pengertian pendidikan, ta’lim,ta’dib dan tarbiyah

  2. Pendidikan sebagai disiplin ilmu pendidikan.

  3. Tujuan ilmu pendidikan

  4. Orientasi ilmu pendidikan

  5. Ruang lingkup ilmu pendidikan

  6. Urgensitas ilmu pendidikan untuk profesionalisme guru

  7. Urgensitas ilmu pendidikan untuk kemajuan masyarakat

  1. Pendidikan sebagai sebuah system manajemen pengelolaan

  1. Unsur, komponen dan faktor-2 pendidikan

  2. Azas-azas pendidikan dan landasan kependidikan

  3. Peserta didik dan aspek-aspeknya

  4. Pendidik dan aspek-aspeknya

  5. Isi /kurikulum pendidikan

  6. Alat, media, teknologi pendidikan

  7. Strategi, Pendekatan dan Metode pendidikan

  8. Lingkungan (environment)pendidikan

  1. Lembaga(institusi) pendidikan

  1. Pengertian dan lingkup lembaga pendidikan

  2. Pendidikan keluarga; pengertian, tugas, materi, ciri dan fungsinya

  3. Pendidikan sekolah ; pengertian, tugas, syarat, materi, system, jenis, fungsi dan tanggung jawab

  4. Pendidikan masyarakat; pengertian, tugas dan pelaksanaan, materi, fungsi dan tanggung jawab

  5. Hubungan timbal balik pendidikan keluarga, sekolah dan masyarakat (hubungan simbiosis)

  1. Aliran – Aliran Pembaharuan pendidikan

  1. Pengertian, Fungsi dan pengelompokan aliran pendidikan

  2. Developmentalisme pendidikan

  3. Progresifisme pendidikan

  4. Rekonstruksionalisme pendidikan

  5. Esensialisme pendidikan

  6. Perenialisme pendidikan

  1. Profesionalisme Guru

  1. Sikap dan prilaku guru cermin keteladanan

  2. Pegertian dan isi kode etik guru

  3. Persyaratan kompetensi sebagai guru

  4. Memahami UU Guru dan Dosen

  5. Mewujudkan ciri-ciri citra Guru Efektif

  1. Long life education (Pendidikan Seumur hidup)

  1. Pengertian, dan dasar

  2. Tujuan, dan target

  3. Alasan dan aplikasinya

  4. Menjadi manusia pembelajar

  5. Kecerdasan manusia, martabat hidup dan kemajuan masyarakat

  1. Sistem pendidikan Nasional

  1. Pengertian dan dasar Sistem pendidikan Nasional

  2. Hierarkhi tujuan pendidikan nasional dan ciri-cirinya

  3. Sasaran, azas, dan fungsi pendidikan Nasional

  4. Menelaah dan evaluasi UU sistem pendidikan nasional No.20 Th. 2003

  1. Pendidikan agama di Indonesia

  1. Kebijakan Politik;Determinasi Pendidikan Umum dan Agama

  2. Dasar Pelaksanaan Pendidikan Agama di Indonesia

  3. Tujuan dan sistem PAI di Indonesia

  4. Materi, ruang lingkup pelaksanaan fungsi dan tanggung jawab

  5. Pendidikan Agama dalam UU Sistem Pendidikan Nasional

  6. Pendidikan Agama dalam berbagai jenjang (SD,SLTA/SMTA/PT)

  1. Demokrasi pendidikan

  1. Pengertian dan prinsip demokrasi pendidikan

  2. Karakteristik demokrasi pendidikan

  3. Sentralisasi dan desantralisasi pendidikan

  4. Kepemimpinan dan fungsinya dalam pendidikan

  1. Inovasi Pendidikan

  1. Pengertian dan urgensi Inovasi Pendidikan

  2. Karakteristik dan ruang lingkup inovasi pendidikan

  3. Langkah-langkah peningkatan inovasi

  4. Inovasi dan pencapain tujuan pendidikan

  1. Probolem kependidikan di Indonesia

  1. Makna problem dan masalah kependidikan

  2. Pokok-pokok permasalahan kependidikan

  3. Kompleksitas problem pendidikan

  4. Faktor- faktor yang mempengaruhi timbulnya masalah pendidikan

  5. Problema pendidikan di Indonesia